Rabu, 16 Januari 2013

“ARTI SEBUAH PENANTIAN”

Judul                           : Love Letter to Mr. Arrogant
Penulis                         : Ashter Joon
Jenis                            : Fiksi
Penerbit                       : Media Pressindo
Tahun Terbit                : Desember 2012
Jumlah Halaman          : 256 hal
Harga                          : Rp.31.000,00-
Novel ini bercerita tentang cinta pertama seorang gadis jepada pemuda yang masa kecilnya sangat sombong dan angkuh serta tidak peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Pemuda tersebut adalah tetangganya sendiri yang tidak pernah mengenal gadis tersebut. Pada suatu hari, ketika anak lelaki yang angkuh dan sombong sedang asik membaca komiknya di bawah sebuah pohon. Secara tiba-tiba muncul seorang gadis yang aneh dan misterius, gadis lugu dan aneh itu memberi sepucuk surat cinta kepada anak lelaki yang sombong dan angkuh tersebut. Namun, surat tersebut hanya disimpan oleh anak lelaki tersebut pada komiknya dan tidak pernah di baca. Hingga sang anak lelaki yang sombong dan angkuh tersebut pindah ke Jepang untuk mengikuti ibunya yang bercerai dari sang ayah.
Setelah 12 tahun berlalu, Park Jong Hyun anak lelaki yang sombong dan angkuh kembali lagi ke Seoul untuk sedikit menggenang masa kecilnya dan berusaha melupakan seorang gadis Jepang yang berhasil merubah sifatnya yang sombong dan angkuh. Tetapi gadis Jepang tersebut telah membuat hatinya terluka. Namun, di sinilah dia bertemu dengan seorang gadis yang bernama Lee Yeon Soo. Gadis yang pernah memberikan surat cinta kepada Park Jong Hyun dimasa kecil. Namun, tampa di sadari Park Jong Hyun pertemuan dirinya dengan Lee Yeon Soo telah menumbuhkan kembali cinta lamanya Lee Yeon Soo yang mulai pudar.
Pada saat Park Jong Hyun mulai dekat dengan Lee Yeon Soo, mulai bermunculan berbagai masalah. Dari sang mantan Lee Yeon Soo yang berusaha untuk mendapatkan hati Lee Yeon Soo kembali serta munculnya gadis Jepang yang bernama Ume, gadis yang mampu mengubah sifat Park Jong Hyun dan merupakan cinta pertama dari Park Jong Hyun. Di sinilah muncul dilema di hati Park Jong Hyun, antara dia harus memilih Ume gadis dari masa lalunya yang dia cintai namun sudah memiliki pasangan atau Lee Yeon Soo gadis lugu yang sangat aneh yang diam-diam mencintainya dari kecil. Di saat cinta mulai bersemi di hati Park Jong Hyun timbul kesalah pahaman antara dirinya dan Lee Yeon Soo. Di satu sisi Lee Yeon Soo ingin mengungkapkan perasan cintanya kepada Park Jong Hyun yang dia simpan selama 12 tahun, di sisi lain dia harus kalah dengan rasa takut yang datang ketika gadis yang di cinta Park Jong Hyun tiba-tiba muncul kembali di kehidupan Park Jong Hyun. Di saat yang bersamaan timbul kesalah pahaman pada Park Jong Hyun yang mengira kalau Lee Yeon Soo sudah kembali kepada mantannya.
Jalan cerita dari novel karangan Ashter Joon ini mebuat kita penasaran akan ceritanya, gaya bahasa yang dibuat ringan serta romantis membuat pembaca mendapat gambaran dari kota Seoul yang eksotik dan romantis. Selain itu cerita yang di sajikan dalam novel ini di buat seakan-akan kita memerankan dua karakter sekaligus. Namun, bahasa yang digunakan masih susah dimengerti seperti penempatan bahasa Inggris dan Korea, jalan cerita yang dibuat maju mundur sedikit membingungkan bagi kaum awam serta tidak rincinya kejadian masa lalu sang tokoh.
Novel ini mengajarkan tetang pentingnya arti sebuah penantian dan kesetian. Suatau kepercayaan juga harus di tanamkan. Novel ini mengajarkan bahwa kesetian tidak hanya sesuatu yang di anggap remeh, kesetian merupakan suatau hal yang mahal yang harus di jaga dan di pelihara. Novel ini juga menyampai pesan bahwa kepercayaan harus selalu ada dalam setiap diri manusia, karena kepercayaan mudah di hilangkan namun susah untuk di dapatkan.
Hal yang menarik dari novel karangan Ashter Joon ini adalah kisah yang susah untuk di tebak. Jalan cerita yang simpel dan ringan juga menjadi suatu daya tarik tersendiri dari novel ini. Di balik semua itu, novel ini cukup baik untuk di baca. Novel tetang sebuah penantian tampa menggenal lelah dan putus asa. Memberi kita pengarahan tentang harapan, bahwa harapan serta impian bisa tercapai bila kita ikhlas dan sabar.  Karena ceritanya yang sangat ringan, sehingga cocok bagi kaum remaja. Apalagi pada saat ini menjamurnya demam korea di Indonesia membuat novel ini bisa menjadi satu pilihan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar